Rabu, 21 Februari 2018

Manfaat dan Khasiat Jahe

sumber.com

DESKRIPSI TANAMAN JAHE
          Tanaman berupa semak dengan tinggi lebih kurang 1,5 m, berbatang tegak. Daun berbentuk lanset, panjang mencapai 30 cm, memiliki pelepah yang memeluk batang dan lidah di antara batas pelepah dan helaian daun. Bunga zygomorph berkelamin 2. Kelopak berbentuk tabung, dengan ujung bertaju, kerap kali terbelah serupa pelepah. Rimpang agak pipih, bau harum, rasa agak pedas, bagian ujung bercabang, cabang pendek pipih, bentuk bulat telur terbalik, pada setiap ujung cabang terdapat parut melekuk ke dalam. Potongan bagian luar berwarna cokelat kekuningan, beralur memanjang, kadang ada serat bebas.


KANDUNGAN KIMIA JAHE
          Minyak atsiri 0,25-3,3%, kandungan monoterpen utama adalah sitral a dan sitral , serta seskuiterpen (30-70%), utamanya adalah β-seskuifelandren, β-bisabolen, ar-kurkumen, dan α-zingiberen; rasa pedas terutama berasal dari gingerol, shosagol, dan turunan keton fenolat.


FARMAKOLOGI JAHE
          Pemberian serbuk jahe 940 mg lebih efektif dari dimenhidrinat 100 mg untuk mencegah gejala motion sickness pada saluan pencernaan. Diduga, jahe mempunyai efek langsung pada saluran pencernaan melalui sifat aromatik, karminatif dan adsorben dengan meningkatkan motilitas gaster dan adsorpsi toksin dan asam. Uji klinik menunjukkan bahwa pemberian jahe lebih baik dari plasebo untuk menurunkan kejadian muntah dan keringat dingin 4 jam setelah pemberian pada mabuk laut. Penelitian lain membandingkan obat anti muntah OTC untuk mencegah mabuk laut pada 1489 subjek dan mendapatkan bahwa jahe sama efektif dengan obat anti muntah lain. Studi klinik dengan pemberian 4 kali 250 mg jahe efektif mengobati hipermenis gravidarum. Penelitian lain menilai mual dan muntah pada 60 pasien  pascabedah yang diberi jahe memperlihatkan hasil efektif secara bermakna disbanding dengan plasebo. Efek jahe juga dilaporkan sama baiknya dengan metoklopramid. Sifat antiemetik ini diakibatkan adanya kerja sinergis dari zingeron dan shoganol. Studi klinik menunjukkan bahwa serbuk jahe dengan dosis 90 mg lebih efektif diandingkan dimenhidrinat (100 mg) untuk menekan gejala kinetosis (mabuk perjalanan).
          Efek antiemetic ditimbulkan oleh komponen diterpentenoid yaitu gingerol, shogaol, galanolakton. Percobaan in vitro menunjukkan antiserotoninergik dan antagonis reseptor 5-HT3 yang berperan pada nausea dan vomitus pascabedah. Ekstrak jahe in vitro menghambat pertumbuhan Heliobacter pylori.


KEAMANAN JAHE
          Ekstrak etanolik kering secara per oral 2,5 g/kg bb dapat ditoleransi oleh mencit, tidak ditemukan kematian atau efek samping, kecuali diare ringan pada 20% hewan coba. Pada dosis 3,0 dan 3,5 g/kg menyebabkan kematian masing-masing 20 dan 30%.
Nilai LD50 oral dari minyak jahe pada kelinci lebih dari 5 g/kg bb, sedangkan LD50 untuk 6-gingerol dan 6- shogaol adalah 250-680 mg/bb.
           Pada uji tersamar ganda pemberian 250 mg jahe 4 kali sehari efektif menghilangkan mual pada masa kehamilan. Pemberian pada wanita hamil tidak menunjukkan efek teratogenik, sedangkan pemberian 6 g serbuk jahe kering dilaporkan menunjukkan peningkatan eksfoliasi sel epitel permukaan lambung yang dapat berakibat ulkus, oleh karena itu direkomendasikan penggunaan pada perut kosong tidak lebih dari 6 g. Menimbulkan sedikit nyeri abdomen, rasa tidak enak di ulu hati atau heart burn dapat terjadi serta dermatitis.
          Pemberian bersama obat antikoagulansia, antiplatelet, heparin, trombolitik, secara teori dapat meningkatkan risiko pendarahan. Hasil uji klinik pada dosis 10 mg menunjukkan efek bermakna. Pasien dengan obat antikoagulansia dan gangguan perdarahan agar menghindari penggunaan dalam dosis besar.


DOSIS JAHE
           Dosis 0,5-2 g serbuk jahe sehari dalam dosis tunggal atau terbagi. Dosis maksimum dalam sehari : 4-5 g rimpang segar ata 2-3 g serbuk rimpang kering sehari. Untuk motion sickness dewasa dan anak lebih dari 6 tahun : 0.5 g rimpang sehari diberikan 2-4 kali, dan untuk dyspepsia : ekstrak atau serbuk 2-4 g sehari.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Recent Posts

Unordered List

Pages

Theme Support